Kamis, 11 Desember 2014

INTEL

Questions
1. Discuss how Intel changed ingredient-marketing history. What did it do so well in those initial marketing campaigns?
2. Evaluate Intel’s more recent marketing efforts. Did they lose something by dropping the “Intel Inside” tagline or not?

Answers
1.      Intel mencetak sejarah marketing mereka dengan memperkenalkan produk terbaru yang dapat menjadi trademarked, yaitu microprocessor yang dinamai Pentium. Intel melakukan gebrakan marketingnya dengan meluncurkan atau mengkampanyekan taglineIntel Inside. Tagline ini bertujuan untuk membangun brand awareness atas produk microprocessor yang diciptakannya dengan cara memberikan merk Intel di luar PC dan meletakannya pada benak konsumen. Dengan taglineIntel Inside” ini, Intel mampu mendapatkan tempat di pasar sebagai the most valuable brands in the world. Stiker dengan logo bertuliskan “Intel Inside” mampu mendatangkan laba yang signifikan pada perusahaan PC (personal computer).
Pada 2003, Intel memperkenalkan Centrino dan Unwire dan mendatangkan pendapatan sebesar 2 milyar dolar pada 9 bulan pertama.
Pertengahan tahun 2000, Intel melihat kesempatan pada home entertainment dan mobile devices lalu memperkenalkan Viiv dan Centrino Duo mobile. Intel menghasilkan 2 milyar dolar pemasara global untuk mengubah image Intel dari brainy microprocessor company menjadi warm and fuzzy company yang menawarkan solusi kepada konsumennya. Intel juga menciptakan slogan baru yaitu “Leap Ahead” menggantikan “Intel Inside” serta menciptakan logonya.
Pada 2007, Intel menciptakan Classmate PC  yang kidfriendly, tahan lama, dan basis  Intel prosesor terebut ditujukan untuk anak-anak di daerah terpencil di seluruh dunia. Hal ini adalah bagian dari sebuah inisiatif yang disebut Intel Learning Series, yang dimaksudkan untuk membantu memperluas pendidikan dalam teknologi di seluruh dunia.
Tahun selanjutnya, Intel meperkenalkan Atom yang diperuntukkan untuk mobile internet devices, netbooks, dan nettops. Intel juga memperkenalkan Intel Core i7 untuk video, permainan 3 dimensi, dan untuk aktivitas computer tingkat lanjut yang lebih baik. Beberapa analis memprediksi bahwa ketika Atom digabungkan dengan smart phone, Intel dapat menjual ratusan unit dalam jangka waktu yang pendek.

2.      Pada pertengahan tahun 2000, Intel mengubah tagline mereka dari “Intel Inside” menjadi “Leap Aheadyang memberikan highligt pada peran intel dalam mengubah masa depan teknologi. Logo baru juga diciptakan untuk menyertai tagline baru tersebut. Apabila pengenalan kepada masyarakat  yang dilakukan kurang efektif, masyarakat dapat saja tidak mengetahui bahwa “Leap Ahead” adalah tagline yang berasal dari Intel. Meskipun tagline dan logo telah berganti, intel tetap dapat meraih brand awareness, bahkan Intel melakukan ekspansi produk yang beragam. Ekspansi produk yang dimaksud yakni dari microprocessor berkembang pada home entertainment, mobile devices, dan classmate PC.  Selain itu, bukti bahwa perubahan tagline tidak memberikan dampak negatif pada Intel adalah Intel tetap mampu menjadi leading company pada bidang teknologi, dengan beragam ekspansi produknya. Pencapaian Intel antara lain mampu menjual lebih dari 20 milyar processor Atom.


1 komentar: