INTEL
Questions
1.
Discuss how Intel changed ingredient-marketing history. What did it do so well
in those initial marketing campaigns?
2.
Evaluate Intel’s more recent marketing efforts. Did they lose something by
dropping the “Intel Inside” tagline or not?
Answers
1. Intel mencetak sejarah marketing mereka dengan memperkenalkan
produk terbaru yang dapat menjadi trademarked, yaitu microprocessor yang dinamai Pentium. Intel melakukan gebrakan marketingnya
dengan meluncurkan atau mengkampanyekan tagline “Intel Inside”. Tagline
ini bertujuan untuk membangun brand
awareness atas produk microprocessor
yang diciptakannya dengan cara memberikan merk Intel di luar PC dan
meletakannya pada benak konsumen. Dengan tagline
“Intel Inside” ini, Intel mampu
mendapatkan tempat di pasar sebagai the most
valuable brands in the world. Stiker dengan logo bertuliskan “Intel Inside” mampu mendatangkan laba yang signifikan pada perusahaan PC (personal computer).
Pada
2003, Intel memperkenalkan Centrino
dan Unwire dan mendatangkan
pendapatan sebesar 2 milyar dolar pada 9 bulan pertama.
Pertengahan
tahun 2000, Intel melihat kesempatan pada home
entertainment dan mobile devices lalu memperkenalkan Viiv dan Centrino Duo mobile.
Intel menghasilkan 2 milyar dolar pemasara global untuk mengubah image Intel
dari brainy microprocessor company
menjadi warm and fuzzy company yang
menawarkan solusi kepada konsumennya. Intel juga menciptakan slogan baru yaitu
“Leap Ahead” menggantikan “Intel Inside” serta menciptakan logonya.
Pada
2007, Intel menciptakan Classmate PC yang kidfriendly,
tahan lama, dan basis Intel prosesor
terebut ditujukan untuk anak-anak di daerah terpencil di seluruh dunia. Hal ini
adalah bagian dari sebuah inisiatif yang disebut Intel Learning Series, yang dimaksudkan untuk membantu memperluas
pendidikan dalam teknologi di seluruh dunia.
Tahun
selanjutnya, Intel meperkenalkan Atom yang diperuntukkan untuk mobile internet devices, netbooks, dan nettops. Intel juga memperkenalkan Intel Core i7 untuk video, permainan 3
dimensi, dan untuk aktivitas computer tingkat lanjut yang lebih baik. Beberapa
analis memprediksi bahwa ketika Atom digabungkan dengan smart phone, Intel dapat menjual ratusan unit dalam jangka waktu
yang pendek.
2. Pada pertengahan tahun 2000, Intel mengubah tagline mereka dari “Intel Inside” menjadi “Leap Ahead” yang
memberikan highligt pada peran intel
dalam mengubah masa depan teknologi. Logo baru juga diciptakan untuk menyertai tagline baru tersebut. Apabila pengenalan
kepada masyarakat yang dilakukan kurang efektif,
masyarakat dapat saja tidak mengetahui bahwa “Leap Ahead” adalah tagline
yang berasal dari Intel. Meskipun tagline dan logo telah berganti, intel tetap
dapat meraih brand awareness, bahkan
Intel melakukan ekspansi produk yang beragam. Ekspansi produk yang dimaksud
yakni dari microprocessor berkembang
pada home entertainment, mobile devices,
dan classmate PC. Selain itu, bukti bahwa perubahan tagline
tidak memberikan dampak negatif pada Intel adalah Intel tetap mampu menjadi leading company pada bidang teknologi,
dengan beragam ekspansi produknya. Pencapaian Intel antara lain mampu menjual
lebih dari 20 milyar processor Atom.
thanks...so much!!
BalasHapus