LAD LIGHTING CORP
1. Ukuran
produktivitas dan kualitas menjadi sangat penting karena kedua hal tersebut
dapat meningkatkan profitabilitas. Peningkatan kualitas dapat meningkatkan
profitabilitas melalui dua cara : meningkatkan permintaan pelanggan dan
mengurangi biaya. Pad pasar persaingan ketat kedua hal ini dapat menjadi
penentu apakah suatu usaha dapat berkembang atau sekedar bertahan hidup. Peningkatan kualitas dapat menghasilkan
peningkatan yang berarti dalam profitabilitas dan efisiensi persahaan secar
keseluruhan. Kualitas telah menjadi dimensi kompetitif yang penting bagi
perusahaan.
2. Biaya
kualitas adalah biaya-biaya yang timbul karena melakukan kegiatan-kegiatan yang
berhubungan dengan kualitas karena kualitas yang buruk mungkin telah terjadi.
Biaya kualitas terbagi menjadi tempat kategori :
-
Biaya pencegahan (prevention cost) :
terjadi untuk mencegah kualitas yang buruk atas barang/jasa yang dihasilkan.
Sejalan dengan peningkatan biaya [penjegahan, biaya kegagalan diharapkan turun.
Contoh : biaya rekayasa kualitas, program pelatihan kualitas, perencanaan
kualitas, pelaporan kualitas, pemilihan dan evaluasi pemasok, audit kualitas,
siklus kualitas, uji lapangan, dan peninjaan desain.
-
Biaya penilaian (appraisal cost) :
terjadi untuk menentukan apakah produk dan jasa telah sesuai dengan persyaratan
atau kebutuhan pelanggan. Contoh : biaya pemeriksaan dan pengujian bahan baku,
pemeriksaan kemasan, pengawasan kegiatan penilaian, penerimaan produk,
penerimaan proses, peralatan pengukuran, dan pengesahan dari pihak luar.
-
Biaya kegagalan internal : terjadi
karenaproduk dan jasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi kebutuhan
pelanggan. Contoh : sisa bahan, pengerjaan ulang, penghentian mesin,
pemeriksaan ulang, dan perubahan desain.
-
Biaya kegagalan eksternal : terjadi
karena produk dan jasa yang dihasilkan gagal memenuhi persyaratan atau tidak
memuaskan kebutuhan pelanggan setelah produk disampaikan kepada pelanggan. Biaya ini dapat menjadi biaya yang paling
merugikan. Contoh : biaya kehilangan penjualan, biaya garansi, perbaikan,
tanggung jawab hukum yang timbul, ketidakpuasan pelanggan, hilangnya pangsa
pasar, dan biaya untuk mengatasi keluhan pelanggan.
3. Peningkatan
kualitas dapat mengurangi biaya kualitas sebab semakin baik dan dekat kualitas
dengan apa yang diharapkan pelanggan, semakin bekurang pula biaya kualitas yang
dikeluarkan. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan
pengendalian. Kegiatan pengendalian adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan
perusahaan dalam rangka mencegah dan
mendeteksi kualitas yang buruk. Apabila kualitas yang buruk telah dideteksi
secara lebih awal dan kemudian dilakukan pencegahan, makan biaya kualitas yang
dikeluarkan karena adanya produk yang buruk dapat dihindari. Semakin banyak
produk buruk yang terdeteksi secara lebih awal, semakin sedikit pula biaya
kualitas yang dikeluarkan oleh parusahaan.
4. Laporan
biaya kualitas yang seharusnya disiapkan oleh departemen akuntansi adalah
laporan biaya yang memuat biaya kualitas secara terperinci berdasarkan
kategorinya sehingga dapat memberikan masukan pandangan penting. Pertama, harus
dapat mengungkapkan besarnya kualitas kategori yang memungkinkan para manajer
menilai dampak keuangannya. Kedua, catatan tersebut menunjukkan distribusi
biaya kualitas menurut kategori uang memungkinkan para manajer menilai
kepentingan relatif dari setiap kategori. Biaya kualitas dapat ditampilkan
sebagai persentase dari penjualan aktual.
Laporan
biaya kualitas yang disiapkan tersebut harus dapat digunakan sebagai bahan
untuk memperbaiki dan mempermudah perencanaan, pengendalian, dan pengambilan
keputusan manajerial.
5. Produktivitas
adalah kegiatan yang mengacu pada hubungan antara input dan output yang
digunakan untuk memproduksi output secara efisien. Produktivitas mensyaratkan
penghapusan seluruh kegiatan tak bernilai tambah dan pelaksanaan kegiatan
bernilai tambah dengan kuantitas minimal yang diperlukan untuk memproduksi
sejumlah output agar efisien.
Daftar pustaka :
Hansen,
D.R. and Mowen, M.M. 2007. Management
Accounting.8th edition, Cincinati : South-Western College Publishing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar